Hari Pertama Main Billiard di Bandung

Posted by E.R.I.C.K | Posted in

Hari pertama gw main billiard di Bandung (ma anak-anak kampus berempat). Akhirnya gw main billiard lagi setelah dah lama absen. Dulu gw maen billiard di Bogor bareng anak-anak kostan. Tapi dah lama bgt, udah ga ingat lagi cara mainnya gmn. Apa masih disodok pake cue ato dah ada alat baru yg ditemuin. Ternyata cara mainnya masih sama, tapi gw yg mainnya ancur. Untung aja gw ga ngerusakin karpet mejanya (hati-hati mode : ON..huehehe...). Pas nyodok pertama kali langsung foul (ga heran lagi), ada yg nyodoknya ga kena lah, bolanya loncat dari meja (mana hampir kena muka teman sendiri..huehehe...) niatnya sih biar bolanya lompat kyak pemain pro gt (ngeles mode :ON) dan masih banyak kebodohan lain yg gw lakuin..nasib nasib... Tapi makin lama mainnya makin enak. Akhirnya menang jg berkat HOKI (hidup HOKI) ... Kapan-kapan main lagi ah.. Practise make perfect.


Asal usul permainan billiard

Biliard sudah ada sejak jaman Antony dan Cleopatra. Waktu itu disebut old egyptian sport. Baru pada tahun 1675 biliard populer di inggris. Di Amrik, baru di awal abad 19 amerika mulai membuat meja biliard. Pada tahun 1808 saja, di New York City ternyata hanya ada 8 buah meja biliard dan hingga 16 tahun kemudian, tahun 1824, di seluruh amerika hanya ada 24 buah meja biliard. Baru di sekitar tahun 1840 biliard menjadi sangat populer.

Michael Phelan, pemilik New York Billiard Parlor, sejak tahun 1850 gencar melakukan kampanye dan menyelenggarakan kompetisi hingga biliard menjadi olahraga bergengsi saat itu. Dia juga menerbitkan buku Billiards Without Masters yang laku keras. Sampai dengan tahun 1875 buku tersebut telah dicetak ulang hingga 10 kali. Sebagai pembuat meja biliard, Phelan lah yang berinisiatif menambahkan titik-titik penanda disekeliling meja (diamond) untuk memudahkan pemain memukul bola, terutama pukulan bank shots.


Apa saja yg diperlukan untuk bermain biliard ?

MEJA billiard.

CHALK atau kapur, perlengkapan yang wajib dipakai untuk melapisi bagian atas dari stick untuk menjaga sodokan atau pukulan tidak terpeleset (missed).

CUE, tongkat atau stik penyodok dalam permainan billiar yang biasanya terbuat dari kayu, ada juga yang terbuat dari fiber..

CUE BALL, atau bola putih

OBJECT BALL, bola yang akan disasar oleh cue ball untuk dimasukkan ke dalam kantung / lubang. Kalau 9 ball berarti bola yang dipasang hanya 9 saja

MONEY, atau duit buat beli meja billiard plus perlengkapannya. Kalo ga punya meja sendiri, berarti kita harus nyewa meja.

Comments (0)

Posting Komentar